Jumat, 22 Agustus 2014

Kata-kata "beracun" Sang Professor


"George Danzig seorg mahasiswa di salah satu universitas, kala itu ia terlambat utk datang pd mata kuliah matematika, ia memasuki kelas namun ternyata teman²nya sdh pd bubar
George melihat 2 bh soal pd papan tulis itu, ia berpikir bhw itu pasti adalah PR yg baru diberikan oleh Profesornya, shg dia mencatat pd bukunya & membawanya ke rumah.
Berhari² dia mencoba utk menyelesaikan PR tsb, berbagai cara ia coba.
Mungkin ia berpikir, "Tidak biasanya dosen memberi tugas demikian sulitnya, tp pasti ada jawabannya, pasti ada...."
Pd akhirnya, ia berhasil mengerjakan soal nomor 1.
Ia masih mengira itu adalah PR shg ia mengumpulkan tugas tsb pd profesornya & meletakkan di ruang kerja profesor tsb.
Ketika siang hari, dia dicari oleh sang profesor tsb, sang profesor bertanya bagaimana dia bs menyelesaikan soal tsb?
George menjelaskan bhw waktu itu dia terlambat mengikuti mata kuliahnya & dia hanya melihat 2 soal itu di papan tulis & menganggap bhw itu adalah PR.
Anda tahu apa jawaban dr sang profesor?
Soal itu ditulis sang profesor ketika sedang menjelaskan tentang 2 bh soal tersulit di muka bumi ini & hingga pd saat itu tdk ada yg bs memecahkannya!
Berarti, kalau saja saat itu George mengikuti mata kuliah tsb, mungkin saat itu ia berpikir bhw itu memang soal tersulit & berpikir bhw memang tak seorg pun dpt menyelesaikannya.
Mungkin saja ia bs teracuni oleh kata² profesornya tentang sulitnya soal itu.
Saat ini ia menjadi profesor terkenal di Stanford University, dialah pemecah soal tersulit & dia memecahkannya ketika dia memang tak tahu bhw yg dikerjakannya adalah soal tersulit yg pernah ada.

PESAN MORAL :
Sesuatu akan terasa sulit apabila kt menganggap bahwa yg sulit itu adalah sulit, maka alangkah baiknya kita memulai sesuatu tanpa anggapan 'sulit' karena sesungguhnya sulit hanya merupakan anggapan.

0 komentar:

Cari disini

Translate (Penterjemah)

Followers